Ndobos Pol

Blog ini adalah terbitan berkala .... kala sempat
ruang buat saya ndobos, omong kosong
mudah-mudahan tidak terlalu menyiksa pembacanya.



Mbilung
laki-laki
senang ndobos
bekerja dan tinggal di tokyo

© foto diri miliknya David Armstrong


Sebagian pen-ndobosanku sebenarnya juga bisa dilihat/dibaca di blog Pecas Ndahe yang sejatinya dimiliki oleh seorang sahabat yang dengan sangat baik hati, tulus dan sabar telah bersedia mendengarkan -- dan lantas juga menuliskannya -- apa-apa yang tercetus, terutama disaat hatiku sedang sangat kacau -- karena balon hijau ku meletus sehingga balonku tinggal empat yang lantas kupegang erat-erat.

   

<< June 2006 >>
Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat
 01 02 03
04 05 06 07 08 09 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30

Seperti minum jamu godogan agar seger pol, secara teratur saya juga berkunjung ke:

Indonesia Top Blog

rank blog indonesia

Subscribe in Bloglines





rss feed



Saturday, June 17, 2006
Mari Bersantap

Orang Inggris itu senengnya kalau menjawab pertanyaan kok ya jawabannya dibumbui, ndak bisa langsung-langsung saja. Padahal kalau menjawabnya hanya mengangguk atau menggeleng-pun orang bakal mengerti, lha ditambahi bumbu malah rusak, yang nanya jadi salah mengartikan jawabannya.

Ini ada cerita pendek soal satu ini. Ada dua gundul di kantor saya, yang satu Gundul Jepang (GJ) dan satunya lagi Gundul Inggris (GI). Jam makan siang sudah lewat setengah jam dan percakapan itupun dimulai :

GJ : Hungry?
GI : Oh yes very. I am starving actually. I can eat a horse.
GJ : Ah ... let's go.

terjemahannya :

GJ : Rika kencot?
GI : Lha iya ... inyong kencot pisan kiye. Nek ana jaran isa tak pangan.
GJ : Lha ... hayuh gageyan ... gasik.

Maka sodara-sodara sekalian, siang itu kamipun makan kuda.

Kuda untuk sebagian besar orang Inggris dianggap hewan "suci". Hewan yang harus disayang, dibelai-belai, tak boleh disakiti apalagi disantap.
Modar kon, GI hanya melongo padahal nclekamin pisan!

Buat saya, yang ndak (belum) gundul, dan tidak terlalu pemilih dalam soal makan ya lancar saja bersantapnya. Makan daging kuda juga bukan hal yang aneh. Di Segoroyoso, Bantul, kuda adalah salah satu hewan yang dijagal. Dagingnya lantas disate ... Sate Jaran.

Di Jepang, daging kuda dihidangkan bersama irisan daun bawang, jahe dan kecap. Ditata indah, dagingnya ditekuk-tekuk berbentuk bunga dan disajikan di atas piring putih bersih. Enak dipandang dan ndak "tega" nyantapnya karena bagus menatanya, seperti terlihat pada foto di bawah ini.



GJ : How is it? Do you like it?
GI : ... *smile* ...
GJ : Do you want to try whale?
GI : No thank you, I am not THAT hungry.


Oh ya, saya lupa bilang .... itu daging kudanya mentah. Ittadakimasu !!!

Foto: Nene'


Posted at 08:04 pm by Sir Mbilung

gemblung
October 24, 2007   03:09 PM PDT
 
orang Inggrisnya bales dendam.., pulangnya makan sumo!
Eny
June 20, 2006   01:53 PM PDT
 
bojoku waktu dines ke jepang diajak makan ama GJ, tapi dikasi taunya pas udah makan..yo rasane ngono kui jarene..nggak jelas :D
aku kok ra tego mbayangne jaran kui nyengir untune guede2 lan ngguyu...mesak-ken tenan..:(
Name [em-eijs]
June 18, 2006   11:20 AM PDT
 
Wah belum pernah mencicipi, tapi kalau liat penyajiannya gak bakal ketelen deh tuh hidangan, saking cantiknya gak tega...(rasane piye, Mas?)
bang pi'i
June 17, 2006   10:33 PM PDT
 
waktu makan sate kuda dan sate kelinci di dekat porka (kang mbilung pasti tau), saya nanya ama engkohnya: "koh, beneran ini daging kuda?"

engkohnya dg santai njawab: "hehehee kita kasih daging kambing juga situ kagak tau.. hehehe wong kowe orang itu rakus sekali kok!!"
Mariskova
June 17, 2006   05:06 PM PDT
 
*lagi mati ketawa*
merahitam
June 17, 2006   04:11 PM PDT
 
Itu rasanya kayak apa? Alot nggak? *Menggeletukkan gigi sambil mengernyit*
cj
June 17, 2006   03:41 PM PDT
 
sampe sekarang belom bisa makan kuda mentah (basashi), cium baunya aja kalo ada temen makan di sebelah udah bikin muntah2 huehehehe... kalo toro salmon sih nggak nolak... duh, jadi pengen ke kaitenzushi...
Dian
June 17, 2006   01:58 PM PDT
 
kuda ? sayang euy, buat aku aja...hehe
siberia
June 17, 2006   01:47 PM PDT
 
habis makan kuda, gimana ketawanya? masih normal kan? nggak jadi meringkik :D
Hedi
June 17, 2006   01:46 PM PDT
 
apa karena sering makan yg mentah jadi maju gitu ya :D
emil
June 17, 2006   10:51 AM PDT
 
oalah jepang...

apa aja yg mentah asal dihias ya dimakan...
corretto
June 17, 2006   09:20 AM PDT
 
saya, pertama kali coba daging kuda mentah ... di Ginza. Iyah ngga lezat. Ngga bisa dinikmati euy. Apa saya yg kampungan?




ciao
fitri
June 17, 2006   12:52 AM PDT
 
hahaha! maksud hati berhiperbola dengan kata-kata, apa daya dikabulkan telak dengan sopan santun ala Gundul Jepun.

hanya ada satu kata pakde: Mesak-ken. :D
 

Leave a Comment:

Name


Homepage (optional)


Comments




Previous Entry Home Next Entry